Keberhasilan program pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMK
mencapai tujuan yang diharapkan, sangat di pengaruhi oleh profesionalitas dan komitmen yang tinggi dari Guru Inti dalam melaksanakan
program pendampingan kepada Guru Sasaran yang sedang
melaksanakan
tugasnya. Kegiatan pendampingan dilaksanakan dengan rambu-rambu
sebagai berikut.
A. Materi Pendampingan
Kegiatan pendampingan difokuskan
pada fasilitasi penerapan Kurikulum 2013 oleh guru mata pelajaran
dan kepala sekolah di satuan pendidikannya, yaitu Kelas X SMK. Materi pendampingan yang
diberikan Guru Inti terhadap Guru
Sasaran mencakup 3 komponen yaitu: penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), metode pembelajaran dan sistem
penilaian. Kegiatan
pendampingan diarahkan untuk menjamin
terselenggaranya kegiatan
pembelajaran dengan model pendekatan ilmiah
(scientific),
tematik
terpadu
(tematik antarmata
pelajaran), dan tematik (dalam suatu mata
pelajaran) dengan diterapkannya pembelajaran berbasis penelitian (discovery/inquiry
learning), dan pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis
pemecahan masalah (project based learning)
untuk mendorong
kemampuan peserta
didik menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun
kelompok.
Secara
umum materi-materi tersebut adalah sebagai berikut.
1.
Penguasaan konsep pembelajaran sesuai dengan Kurikulum
2013, yang mencakup kajian
dan
diskusi tentang
alasan/rasional
dikembangkan dan diberlakukannya Kurikulum 2013 serta elemen perubahannya berdasarkan SKL, KI dan KD. Aspek
penting
berkenaan dengan konsep pembelajaran ini adalah adanya perubahan
mindset dan esensi Kurikulum 2013.
2.
Penyusunan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) sesuai dengan silabus yang telah
disusun Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan dan pendekatan
serta
strategi
pembelajaran
di masing-masing jenis dan
jenjang pendidikan.
3.
Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan karakteristik jenis mata pelajaran, seperti model pendekatan proyek (project based learning) pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di
SMK. Fasilitasi
kegiatan pembelajaran juga difokuskan pada terwujudnya pendekatan scientifict, discovery learning,
problem based, inquiry learning, dan high order thinking
skills, dalam pembelajaran.
4.
Pelaksanaan penilaian
sesuai dengan kebutuhan
dan kaidah-kaidah
penilaian authentic assessment, penggunaan penilaian acuan kriteria, dan
portofolio.
Materi
pendampingan yang dilakukan Guru Inti terhadap Guru Sasaran mencakup pemahaman terhadap:
·
Buku teks
pelajaran dan buku pedoman guru,
·
proses pembelajaran
dan penilaian,
·
penyusunan
rencana pelaksanaan pembelajaran,
·
pelaksanaan pembelajaran,
·
pelaksanaan penilaian
Secara rinci materi-materi tersebut adalah sebagai berikut.
a.
Buku teks
pelajaran dan buku pegangan guru, meliputi:
1)
Pemahaman materi
yang tertuang pada buku;
2)
Keterkaitan
antara pengetahuan, keterampilan dan sikap;
3)
Pemahaman
terhadap sumber-sumber belajar lainnya (buku, lingkungan sekitar, surat
kabar/majalah/internet yang relevan dengan materi pembelajaran);
4)
Keterkaitan
antara sumber-sumber belajar dan alat-alat yang digunakan;
5)
Penekanan pada high order thinking (contoh-contoh).
b.
Proses pembelajaran dan penilaian:
1)
Pembelajaran yang menekankan pada tiga
ranah kompetensi melalui pembelajaran pengetahuan untuk mengasah keterampilan
dan membentuk sikap;
2)
Pembelajaran berbasis aktivitas;
3)
Pembelajaran untuk mengasah
kreativitas;
4)
Penilaian proses;
5)
Penilaian kompetensi (secara utuh).
c.
Penyusunan
rencana pelaksanaan pembelajaran:
1)
Identitas mata
pelajaran/tema;
2)
Perumusan
indikator;
3)
Perumusan tujuan
pembelajaran;
4)
Pemilihan materi
ajar;
5)
Pemilihan sumber
belajar;
6)
Pemilihan media
belajar;
7)
Pemilihan metode
pembelajaran;
8)
Pemilihan
strategi pembelajaran;
9)
Penilaian
pembelajaran;
d.
Pelaksanaan
Pembelajaran, meliputi:
1)
Pendekatan
pembelajaran saintifik:
a)
Mengajak siswa
untuk mengamati;
b)
Memotivasi siswa
untuk menanya;
c)
Memotiviasi siswa
untuk menalar;
d)
Memotivasi siswa
untuk mencoba;
e)
Memotivasi siswa
untuk menyimpulkan.
2) Discovery/inquiry
learning:
a)
Mengajak siswa
untuk mencari tahu;
b)
Mengajak siswa
untuk membuktikan.
3)
Pembelajaran melalui
projek:
a)
Menyiapkan projek
untuk dikerjakan siswa;
b)
Membiasakan siswa
bekerja berkolaborasi.
4)
Pembelajaran
nonklasikal terutama dengan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler sebagai
implementasi dari pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran saintifik dan pembelajaran
melalui projek.
e.
Pelaksanaan Penilaian, meliputi:
1)
Penilaian oleh guru:
a)
Penilaian penguasaan pengetahuan;
b)
Penialian produk pembelajaran;
c)
Penilaian iklim pembelajaran;
d)
Penulisan buku laporan pendidikan
(rapor).
2)
Penilaian oleh siswa
0 comments:
Post a Comment